Sekolah Adiwiyata Nasional
(0296) 531373

WORKSHOP PENERAPAN “DISIPLIN POSITIF”

Workshop Penerapan “Disiplin Positif”

Blora, 2 Agustus 2022

SMA Negeri 2 Blora, gelar Workshop Disiplin Positif wujudkan sekolah ramah anak Tahun Pelajaran 2022/2023.

Pada workshop kali ini dengan pembicara Ibu Hidayatus Sholichah narasumber dari Yayasan Setara Semarang, penerapan disiplin positif persepsi dan respon dalam mendisiplinkan, menumbuh kembangkan karakter baik siswa. Workshop yang dihadiri oleh kepala sekolah SMA Negeri 2 Blora, bapak komite, bapak ibu guru, serta tenaga kependidikan SMA Negeri 2 Blora.

Dalam sesi workshop tersebut Ibu Hida sebagai pembicara berbagi tentang bagaimana cara menghadapi misbehave pada siswa dalam penerapan disiplin positif.

Misbehave itu sendiri merupakan perilaku yang tidak tepat pada anak untuk memperoleh perasaan yang dimiliki atau memiliki dan bernilai.

Dalam menghadapi misbehave kita harus menunjukkan bahwa kita memahami perasaan anak, menunjukkan rasa empati pada anak, berbagi perasaan dan persepsi anak, serta mengajak anak untuk fokus pada penyelesaian solusi dalam mengenal pendekatan disiplin positif.

Tujuan diadakannya workshop ini untuk mengenal, mendisiplinkan, membangun karakter baik anak dalam pendekatan positif. Serta memahami dan mengetahui prasyarat, prinsip-prinsip dan perbedaan pendekatan disiplin positif dan pendekatan hukuman dalam pengalaman penerapannya disekolah. Selain itu tujuan utama mendisiplinkan adalah agar anak memahami (sadar) akan tingkah lakunya sendiri, bertanggungjawab atas tindakannya menghormati dirinya sendiri dan juga orang lain. Dengan kata lain disiplin menanamkan proses pemikiran dan perilaku positif sepanjang hidup anak.

Tidak ada anak yang nakal, yang ada hanya anak kurang kesadaran kritis, pengetahuan, dan keterampilan hidup untuk mencapai apa yang diinginkannya.